<head> Urang Nang Handak Tahu
Tuesday, January 23, 2007
Perintah RPM
Rpm adalah salah satu software manager di Linux yang bertugas mengatur program, dengan Rpm(distro yang menggunakan antara lain Redhat, Fedora, Mandriva, dan Suse) akan mudah bagi seorang pengguna linux untuk menginstall, mengupdate, dan menghapus program di Linux. Selain Rpm ada beberapa varian software manager lain yang juga terkenal seperti dpkg(distro yang menggunakan antara lain Debian, Ubuntu, Kubuntu)
Untuk menginstall program pada distro yang berbasis Rpm anda membutuhkan file yang berekstensi *.rpm (untuk menginstall program pada distro yang menggunakan dpkg dibutuhkan file berekstensi *.deb) misal anda ingin menginstall file powermanga-0.80-1.fc5.i386.rpm. maka perintah yang harus anda ketikkan adalah

rpm -ivh powermanga-0.80-1.fc5.i386.rpm
rpm -qa => Untuk melihat semua software yang telah terinstall pada komputer anda gunakan perintah
rpm -qa | grep ==> Jika anda ingin mengetahui apakah suatu software tertentu telah terinstall atau tidak.
rpm -e ==> Untuk menghapus program gunakan perintah

Selanjutnya dengan rpm anda juga bisa mengetahui program apa saja pada yang dependencynya(software yang dibutuhkan oleh software yang lain) kurang. Hal ini terjadi jika saat anda menginstall program anda menggunakan opsi “–nodeps” yang mengakibatkan rpm tidak akan mengecek dependency dari software yang akan diinstall. Untuk mengatasi ini gunakan perintah “rpm -Va –nofiles”. Perintah ini akan mencetak ke layar software yang dependencynya kurang dan software software apa saja yang ia butuhkan.

Taken From :nasrulkurniawan.wordpress.com

Labels:

 
posted by banjar-hack at 7:03 PM | Permalink |


0 Comments: